Transcranial Magnetic Stimulation ( TMS )



Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) adalah salah satu alat di bidang neurofisiologi yang dapat digunakan dalam membantu diagnosis gangguan saraf. Alat ini juga digunakan dalam terapi atau pengobatan gangguan saraf, baik gangguan saraf pusat maupun saraf tepi.

TMS merupakan metode non-invasif untuk membangkitkan depolarisasi/hiperpolarisasi ('listrik') sel-sel saraf di otak. Alat ini telah diuji sebagai alat pengobatan untuk berbagai gangguan neurologis dan psikiatri termasuk Migrain, Stroke, Parkinson, Tinnitus dan Depresi. 

Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan stimulasi gelombang elektromagnetis pada sel saraf otak sehingga sel-sel otak yang terganggu dapat bekerja kembali dengan lebih baik.
TMS berguna untuk meningkatkan aktivitas sel yang tidak begitu aktif melalui peningkatan kinerja neurotransmitter, yaitu suatu zat penghantar pada jalur sel-sel saraf.

Terapi TMS dilakukan dengan memberikan gelombang elektromagnetis frekuensi rendah atau frekuensi tinggi untuk memberikan efek inhibisi/hambatan pada saraf yang terlalu aktif ataupun mengaktivasi sel-sel yang kurang aktif.. Prinsipnya adalah menyeimbangkan kerja sel saraf.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Klinik Inggit Medika Peduli Sesama, Sehat Bersama BTP JL. TAMALANREA RAYA BLOK I NO. 33 MAKASSAR Phone: (0411) 584 415 SMS : 0853 4262 2727 Email : inggitmedika@gmail.com Blog : inggitmedika.blogspot.com .

Blogger Buster LogoSmashing Logo© Klinik Inggit Medika.