WORLD STROKE DAY 2015

"World Stroke Day"  (Hari Stroke Sedunia) diperingati setiap tanggal 29 Oktober. Pada tahun ini, organisasi stroke dunia mengangkat tema "I am Woman". Kampanye stroke dunia memilih fokus pada tema tersebut karena beberapa hal :

  • Wanita lebih beresiko terkena stroke
  • Wanita memiliki kemungkinan lebih besar meninggal karena stroke dibanding pria
  • Wanita lebih sedikit yang menerima perawatan dan rehabilitasi dibanding pria, meskipun dalam hal pengobatan wanita lebih merespon dengan baik.
  • Wanita lebih beresiko mengalami penurunan fungsi kognitif dan depresi
  • Wanita lebih beresiko mengalami hipertensi, fibrilasi atrium ( denyut jantung tidak beraturan), diabetes, depresi dan obesitas dibandingkan pria
  • Wanita lebih memungkinkan untuk mengambil peran pengasuhan
Beberapa resiko stroke juga lebih terkhusus pada wanita, yaitu diabetes yang berhubungan dengan kehamilan, pre-eklamsia, penggunaan pil KB, terapi penggantian hormon dan perubahan hormon, hal inilah yang lebih meningkatkan resiko stroke pada wanita.

Adanya kampanye stroke dunia ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada wanita mengenai resiko stroke dan segera mengambil langkah untuk mencegah stroke dnegan memilih gaya hidup yang lebih sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Stroke affects women, stroke affects everyone.

Informasi lebih lengkap di www.worldstrokecampaign.org




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Klinik Inggit Medika Peduli Sesama, Sehat Bersama BTP JL. TAMALANREA RAYA BLOK I NO. 33 MAKASSAR Phone: (0411) 584 415 SMS : 0853 4262 2727 Email : inggitmedika@gmail.com Blog : inggitmedika.blogspot.com .

Blogger Buster LogoSmashing Logo© Klinik Inggit Medika.